Accounting Goes To Banda

Jurusan Akuntansi FEB Unpatti menyelenggarakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di Kepulauan Banda tanggal 12-17 November 2022. Dipimpin oleh Ketua Panitia Revy W. Silooy SE. M.Si beserta Ketua Jurusan Dr. Christina Sososutiksno SE., M.Si., Ak.,CA; Sekretaris Jurusan Dr. Ferry H. Basuki SE., M.Si., Ak., CA serta Dr. Jefry Gasperz, SE., M.Si., Ak., CA. Tim PKM berjumlah 15 Orang tersebut berada di Banda selama 5 Hari.

Kegiatan PKM yang dilakukan mengangkat topik “Peningkatan Kewirausahaan dalam Pemberdayaan Ibu-Ibu RT untuk Pneingkatan Ekonomi Keluarga“ dengan Narasumber Yuyun Y. Layn SE., M.Sc. Selanjutnya topik Kedua yaitu  “Modul Pencatatan Akuntansi Sederhana Bagi UMKM“ dengan narasumber Jabida Latuamury SE., MSA. Kegiatan tersebut berlangsung pada SMA N 1 Maluku Tengah dan diikuti oleh Ibu-ibu Pengusaha UMKM di Pulau Banda Neira.

Tim PKM juga berkesempatan mengunjungi Pulau-Pulau lain di Kepulauan Banda yang menjadi destinasi wisata bagi wisatawan local maupun mancanegara, diantaranya Benteng Hollandia Lonthoir di Pulau Banda Besar; Pulau Ay, Pulau Naylaka, serta Pulau Rhun yang pada Masa Kolonial di Tukar dengan Pulau Mahattan New York. Pulau Hatta tempat pengasingan Proklamator Bung Hatta serta Pulau Pisang (Atau Pulau Sjahrir) tempat pengasingan Mantan Perdana Menteri Indonesia Sutan Sjahrir. Pada Pulau Pisang Sjahrir sendiri Tim PKM berjumpa dengan anak-anak SD Kecil Pulau Sjahrir.